Adobe CS 6 Launch!

Bapak-bapak, ibu-ibu para pengguna dan penikmat dunia IT, berikut saya mau laporkan hasil pandangan mata di acara Launching Adobe Creative Suite versi 6 di Four Seasons Hotel Jakarta kemarin (12 Juli 2012).

Adobe CS versi 6, secara total lebih menyuguhkan fitur yang memudahkan bagi penggunanya. Dengan satu sentuhan, apa yang diinginkan bisa terwujud. Beberapa fitur yang mungkin misalnya jika di Photosop pada versi sebelumnya, untuk crop gambar orang mesti di telusuri satu-satu garis tubuhnya, sekarang tinggal satu klik short cut saja akan langsung terselect garis tubuh orang tersebut.

Namun bukan berarti gak ada fitur baru, di versi terbarunya ini Adobe juga melempar beberapa amunisi untuk menggaet ketertarikan calon pembeli.

Nah untuk kemaren sebenernya gak cuma photoshop yang di bahas, jujur saya baru tahu ternyata banyak banget product-nya yang belum saya pernah lihat, hehe.

Dimulai dari pembahasan Adobe Prelude CS6, product ini untuk video editing lebih banyaknya. Satu fitur yang menarik adalah kita bisa mengedit hasil rekaman yang goyang-goyang jadi halus, jadi misalnya buat para pemula yang biasanya megang handycam masih gemeteran, sekarang bisa tertolong sama fitur itu.

Selanjutnya masuk ke web design, dibahas mengenai Adobe Dreamweaver CS 6, fitur terbarunya adalah memungkinkan kita untuk men-develop sebuah situs dengan 3 pilihan versi media untuk nge-view-nya. Yaitu browser biasa, mobile sama pad. Misalnya disana kita bisa nge-set bagaimana tampilan deretan menu pada sebuah website kita jika dilihat dari browser komputer, bagaimana jika dilihat dari smartphone, etc. Begitu juga dengan Adobe Fireworks CS 6.

Masuk ke dunia Flash, kemaren dicontohkan untuk pembuatan sliding image dan penggunaan codingan javascript yang sekarang sudah bisa digunakan disana. Sbelumnya saya sendiri kurang tahu apa cuma ActionScript aja atau apa emang udah bisa juga🙂

Lalu di InDesign CS 6, mereka menawarkan fitur mobile publishing. Intinya sama pembuatan content untuk di smartphone sama pad, yang sebelumnya biasanya InDesign lebih banyak digunakan untuk pembuatan dokumen dengan klasifikasi user, pengguna komputer desktop saja.

Dan yang terakhir mengenai Photoshop CS 6. Selain yang udah saya ceritakan di awal (croping iamge orang). Di versi terbaru ini kita bisa memindahkan objek dengan latar yang otomatis terbentuk sendiri menyesuaikan dengan latar di area tersebut. Lalu ada fitur video editing dan pembuatan 3D character dan bentuk.

Secara tampilan, saya kira gak terlalu jauh beda sama versi CS 5, namun untuk pewarnaan kulitnya, saya kira di CS 6 ini lebih gelap. Tema yang diangkat pada versi CS 6 ini adalah re-shape, dan janji yang mereka tawarkan pada  versi terbarunya ini adalah, proses yang lebih cepet dan gak makan memory gede pada setiap kita menggunakan fitur-fitur yang ada.

Bagi yang mau mencoba versi trialnya bisa diunduh di website adobe-nya langsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s