Jadikan Daerah Layaknya Ibu Kota

“Seandainya saya anggota DPD, apa yang ingin saya lakukan?”, satu jawaban yang terlintas dalam benak saya adalah sebuah keinginan untuk menjadikan daerah yang saya wakili layaknya sebuah ibu kota.

Mungkin anda akan mengernyitkan dahi ketika mendengar jawaban tersebut, namun keyakinan ini menjadikan sebuah fokus utama seharusnya bagi setiap anggota dewan yang notabene menjadi perwakilan daerahnya untuk muncul dan diketahui keeradaannya di pusat. Karena seandainya keterlibatan daerah dengan hanya berfungsi sebagai penunjang saja seperti saat ini, saya kira terlalu sulit untuk kita membangun sebuah negara yang berharap akan diperhitungkan lebih di mata dunia.

Kita mengenal berbagai kemudahan akses, dari mulai informasi, teknologi, hingga transparansi publik hanya ada di kota-kota besar saja. Sedangkan bagi daerah, hanya sedikit sekali daerah yang sadar akan hal tersebut. Hasilnya, ketimpangan akan kesinambungan antara pusat dan daerah berhenti di tengah jalan.

Pada media fisik satu contoh ketika kita berbicara tentang akses informasi, pada saat pemerintah pusat menggembar-gemborkan berbagai program ternyata dengan berbagai keterbatasan, daerah baru mengetahui program-program tersebut jauh di waktu kemudian. Hal ini dikarenakan pemerintah daerah tidak dengan cepat mendapatkan informasi tersebut. Disamping fasilitas yang ada di daerah tidak memadai, ketersediaan sumber daya manusia yang handal juga lebih banyak di sebar hanya di kota saja. Sehingga banyak daerah yang tidak mengerti ketika muncul update terbaru dari pusat.

Kemudian ketika kita bicara tentang budaya transparansi publik, pada saat pemerintah pusat berbicara tentang prinsip keterbukaan kepada masyarakat (misalnya dalam hal perekrutan Pegawai Negeri), di daerah justru masih saja mengagung-agungkan cara lama, dengan prinsip serba tertutup dan tidak sedikitpun proses-proses tersebut diketahui masyarakatnya.

Tentunya berawal dari cita-cita ini bukan berarti kita meng-copy paste setiap perkembangan teknologi, fasilitas serta berbagai kemudahan yang ada di ibu kota untuk kemudian pula harus ada di setiap daerah. Karena ini butuh waktu yang tidak sedikit dan yang jelas juga pastinya akan membutuhkan dana yang tidak sedikit pula. Namun, dengan dimulai dari berupaya penuh menciptakan generasi muda yang memiliki kualitas pendidikan yang sejajar dengan kota besar, upgrade pemikiran para aparatnya dan juga berupaya terus untuk menyediakan ketersediaan komposisi standar akan beberapa fasilitas untuk menghilangkan ketimpangan akan pusat dan daerah, setidaknya ini diharapkan menjadi sebuah awal akan terciptanya keseimbangan tersebut.

Semoga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s