Jadi Ketagihan!

Oleh : Dikdik Andhika Ramdhan

Gw masih klik sana klik sini halaman google yang orang bilang segalanya bisa ditemuin disana. Hampir dua jam sudah, halaman yang cuma berisi satu textbox sama satu button itu gw klik terus-terusan pake keyword nama gw. Tapi hasilnya tetap sama, nihil.

Gak ada satupun dari list result-nya yang nunjukkin kalo nama gw ada disana. Coba-coba lagi gw gak habis akal, sekarang gw coba banting stir ganti keyword disana bukan lagi pakai nama gw tapi nyari tips and trik cara gimana biar bisa terkenal lewat dunia yang satu ini. Beberapa hasilnya  alhamdulillah nggak ngecewain, seabreg link halaman situs ditampilin disana nunjukkin cara mengenai hal itu. Dari mulai nyuruh gabung di beberapa group milist dan rajin-rajin posting komentar disana, terus nyuruh bikin account di friendster, nyuruh beli domain plus hostingan yang sayangnya emang waktu itu emang masih mahal, bahkan ada juga situs-situs yang nyaranin buat nyari cara gratisan dengan bikin blog misalnya di beberapa situs blog yang ngasih fasilitas buat kita untuk bikin blog gratisan disana.

Tentu dong yang cara terakhir gw liat paling aman plus paling masuk akal buat posisi gw yang baru kali itu memang bisa bebas-bebasan berselancar di internet.

Hari itu memang hari pertama gw kerja di salah satu perusahaan konsultan IT di jakarta. Sebagai seorang (calon) programmer (itupun masih junior, red), tentunya di hari pertamapun gw udah dikasih fasilitas sebuah komputer yang jauh lebih dari cukup. Sebuah komputer yang lebih baik tentunya, setidaknya kalo komputer itu gw bandingin sama komputer-komputer lemot di lab komputer kampus gw yang sebelum-sebelumnya tapi memang gak bisa dipungkiri telah banyak berjasa banget buat gw, apalagi pas nyusun skripsi. Meski nggak jarang dengan segala kerendahan hati komputer-komputer itu sering kali nyuruh gw untuk bisa belajar bersabar, dan ternyata akhirnya alhamdulillah semua itu kini telah mengantarkan gw untuk bisa duduk di depan komputer dengan spek yang gw pikir gila-gilaan, apalagi tanpa harus terburu-buru karena dikejar-kejar jatah dari sang penjaga lab dengan lirikan mata saktinya untuk segera mengosongkan meja tempat gw nongkrongin komputer disana karena setelah satu jam berlalu segera komputer itu harus segera gw ikhlasin buat diduduki (wah rusak dong, hehe) maksudnya dikasihin untuk dipake sama mahasiswa lainnya.

Langit Jakarta memang cukup cerah siang itu, bahkan lebih dari cukup kalo gw bandingin sama suasana sehari-hari gw pas masih jadi mahasiswa di Bandung. Tapi anehnya gw malah ngerasa kedinginan di ruangan itu. Semburan udara dari air conditioner di ruangan itu emang cukup membuat gw ngerasa kurang nyaman kali itu. Aneh, kalo ada Tukul disana waktu itu pasti kata-kata pertama yang bakalan dia bilang ke gw adalah “… dasar wong ndeso!”. Makanya gw coba ilangin rasa kedinginan gw itu dengan berdekat-dekat sama layar monitor. (Tentunya gw gak pake ngadepin kedua telapak tangan gw ke arah monitornya dong, hehe).

Gw langsung nyari situs buat bikin blog gratisan itu. Temen gw yang satu nyaranin buat pake blogspot, alasannya sederhana karena blogspot masih ada pertalian kekerabatan sama google makanya katanya itu bakalan lebih cepat mengindex segala hal yang kita posting di blog tersebut untuk dimunculin di halaman mesin pencari google. Tapi, ternyata lain halnya sama temen gw yang satu lagi, dia malah nyaranin gw buat bikin blog di wordpress. Alasannya katanya justru wordpress yang lebih cepet mengindex postingan kita daripada blogspot sekalipun.

Aaarrrrggghhh ….. gw bingung.

Hampir saja gw hitung-hitungan pake kancing buat ngambil keputusan, milih yang mana yang bakalan gw ambil buat jadi tempat gw posting segala hal tentang gw. Tentunya tujuannya satu dong, gimana carannya biar nama gw cepet muncul di google, just that!

Tapi, tanpa sengaja gw ngeliat salah satu signature kakak kelas gw di milist yang disana ditulis alamat blog dia pake embel-embel dot multiply dot com. Gw coba klik link blog tersebut, dan gw bisa ngeliat halamannya disana. Tertarik, ternyata akhirnya gw justru ngambil yang itu lebih dulu buat gw jadiin tempat blog gw. Coba-coba daftarin username atas nama dik2, ternyata masih available. Langsung aja gw comot.

Hari itupun gw langsung posting beberapa tulisan disana tanpa lupa pake nama gw dicantumin di tiap postingannya, serta gw juga pake nama gw sebagai tag di tiap postingannya itu. Kalo inget itu gw jadi pengen ketawa sendiri, gw bener-bener gak tau apa sebenernya fungsi tag dalam sebuah blog.

Tiap beres satu postingan, gw langsung buka lagi si om google, gw ngarep banget nama gw udah nongol disana. Tapi kayaknya lagi-lagi gw harus gigit jari, nama gw blom ada sama sekali disana.

Posting lagi, cari lagi, posting lagi, cari lagi, begitulah berkali-kali gw sambil ngehayal bisa jadi orang terkenal meski hanya di dunia maya.

Hampir menyerah, akhirnya gw ambil jalan lain. Kayaknya gw harus nurutin apa kata temen-temen gw. Dalam dua window, akhirnya gw bikin blog lagi. Yang satu di blogspot, satu lagi di wordpress. Kadang gw manggut-manggut sendiri sambil menatap langit-langit ruangan itu buat nyari nama buat blog-blog baru gw itu. Karena id yang sama kayak di multiply tadi udah di-reserve sama orang, akhirnya gw pakai id “saturindu” buat blog yang di blogspot, trus id “jejakdunia” buat blog yang di wordpress. Akhirnya selesailah sudah gw punya tiga blog sekaligus dihari itu. Meski sebagian isinya dari blog gw yang dua lagi itu gw copy dari blog multiply yang emang udah lebih dulu gw bikin.

Gak kerasa, jam di hape gw udah nampilin angka 17:25. Gw gak nyadar pas tiba-tiba pundak gw ada yang nepuk.

“Gimana dik hari ini?”, katanya.
Sumpah gw gelagapan buat jawab pertanyaan atasan gw saat itu. Gw baru inget kalo tumpukkan dokumen dari beliau buat dipelajari tentang sistem yang harus gw bangun sama sekali belum gw sentuh.

“Sorry bos, gw janji besok bakal kerja bener deh, doain juga ya biar nama gw cepet ke-index di google”, kata gw dalam hati seiring dengan keberaluan pak Bos ninggalin meja gw.

(Sebuah memori di pertengahan tahun 2006, yang udah nganterin gw sampe sekarang plus udah ngantetin gw jadi ketagihan bikin beberapa blog, gak terkecuali di blogdetik, dan yang tentu pastinya juga udah bikin nama gw sekarang nongol di google, hehe)

3 thoughts on “Jadi Ketagihan!

  1. Ech@ mengatakan:

    Cie…cieeeee….dah terkenal neh ceritanya…:D

    • jejakdunia mengatakan:

      ya, lumayan lah setidaknya sekarang kalo nyari dikdik andhika ramdhan di google, gak muncul rusa lagi, hehehe

  2. winzaldi mengatakan:

    pengen jadi artis dunia maya ni..hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s