Ayat – Ayat Cinta The Movie

Oleh : Dikdik Andhika Ramdhan

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Sedikit kontroversial memang, jika sebuah karya apik seorang Habiburrahman El Shirazy yang sudah menjadi jalan banyak orang menemukan berjuta hikmah yang disajikan dalam berbagai nuansa keindahan Islam ini dijadikan sebagai sebuah karya visual. Apalagi jika kondisinya terbentur dengan “belum siapnya” masyarakat kita untuk menerima sebuah tayangan yang full Islami.

Sayang memang …

Disatu sisi ini menjadi satu pijak kebanggaan bagi seorang penikmat seni sastra Islami, karena dengan ini maka citra seni sastra islami yang dinilai monoton akan lenyap, dan sedikit berubah kedalam predikat layak dinikmati berbagai kalangan. Namun disisi lain, dengan hadirnya karya visual ini nantinya, tentunya juga akan banyak berbenturan dengan pro kontra pandangan setiap orang.

Coba simak perjalanan kisah dalam karya ini yang menceriterakan sebuah keseharian seorang Fahri (rencananya akan diperankan oleh Fedy Nuril), yang bukan hanya alim namun juga sangat terjaga hijabnya. Tentunya ini akan berbenturan dengan siapapun tokoh pemeran karakter ini nantinya. Ya seandainya tokoh tersebut memang sesuai dengan kepribadian seorang Fahri dalam novel tersebut, namun mau tidak mau screen kehidupan rumah tangga Fahri nantinya pun akan menjadi satu ganjalan juga. Akhirnya iapun harus siap beradu peran dengan seorang yang jelas-jelas belum halal bagi dia dalam keseharian di dunia nyatanya. Dan ini pastinya menjadi batu sandungan, sebuah nilai yang berseberangan dengan nilai sesungguhnya yang ada dalam novel tersebut.

Tentunya untuk diri saya pribadi, saya tidak berharap, andainya kemudian muncul komentar dari siapapun tokoh pemeran itu bahwa, “Gue sih main profesional aja!”. Karena jika memang itu terjadi, justru itu yang saya kira memang menunjukkan ketidak profesionalannya dia dalam berseni peran.

Namun alhamdulillah, seorang sutradara muda Hanung Bramantyo ternyata cukup cerdik mengenai masalah ini. Ia berjanji akan mengurangi adegan-adegan tersebut dengan berupaya untuk tidak mengurangi sedikitpun nilai estetika dari film tersebut nantinya. Satu adegan yang cukup indah dihadirkan katanya adalah ketika Aisha yang pada sesi terakhir casting dipercayakan kepada Rianti Cartwright dalam adegan membuka cadarnya. seperti dilansir sebuah situs http://www.ruangfilm.com cck cck…

Karya apik yang menjadi salah satu titik tolak kebangkitan kembali sastra islami ini memang luar biasa. Banyak nilai-nilai keislaman yang dihadirkan tanpa sedikitpun menjadikan para pembacanya merasa digurui. Mereka justru secara tidak langsung terasa disadarkan. Tentunya hal ini pula yang diharapkan dapat tetap dipertahankan dalam karya visualnya nanti pula.

Rencana pembuatan film ini memang sudah digembar-gemborkan hampir setahun yang lalu, namun memang mungkin berbagai kendala akan banyak dihadapi ketika sebuah niat suci untuk menebar dakwah di bumi ini ter-azamkan dalam hati. Buktinya, memang konon film ini telah sempat ditawarkan ke beberapa production house yang berlabel Islam. Namun, lagi-lagi ini yang membuat malu ummat Islam. Tidak sedikit orang beranggapan bahwa satu karya islami kurang memiliki selling point daripadanya. Hingga akhirnya karya inipun jatuh ke sebuah production house (MD entertainment, red) yang memang bukan khusus berlalbelkan Islam.

Beberapa bintang muda Indonesia hadir pula dalam karya ini. Selain Rianti dan Fedy Nuril, nama Zaskia Adia Mecca rencananya hadir pula menghiasi jajaran pendukung peran dalam karya visual ini, ia rencananya akan memerankan sebagai Noura. Carissa Putri sebagai Maria, Melanie Putria sebagai Nurul serta sederet bintang senior seperti Ratih Sanggarwati, dan lain sebagainya.

Ada yang membanggakan dari sisi mereka, para pemeran film ini. Rencananya karena mungkin sebagian dialog akan menggunakan bahasa arab, maka dalam mempersiapkannya mereka mulai giat belajar bahasa arab berdialek mesir. Untuk mendukung hal tersebut maka didatangkan pula seorang gru bahasa langsung dari Negeri Kinanah sana. (Subhanalloh, satu pecut lagi buat kita ! Ayosemangat belajar bahasa Arab!!!!)

Setelah sempat tertunda beberapa kali proses pembuatan film ini, namun alhamdulillah sebuah kabar gembira dari situs sebuah televisi swasta negeri ini (www.sctv.co.id, red), yang menyebutkan bahwa InsyaAlloh Ayat-ayat Cinta the movie siap dirilis pada perayaan Idul Adha, Desember mendatang.

Satu harapan, apapun yang terjadi nantinya, namun karya apik yang rencananya akan dibuat berlatar di dua negeri ini (Indonesia dan Mesir, red) semoga tetap menjadi sebuah karya penggugah jiwa bagi siapa saja yang menikmatinya, tanpa sedikitpun berkurang nilai keislaman daripadanya. Aamiin yaa Robbal’alamiin …

Wallahu’alam bish-shawab

Berikut beberapa pemain yang akan menjadi tokoh-tokoh utama di film Ayat – Ayat Cinta

  • Fedi Nuril sbg Fahri
  • Rianti Cartwright sbg Aisha
  • Carissa Putri sbg Maria
  • Melanie Putria sbg Nurul
  • Zaskia Adya Mecca sbg Noura

24 thoughts on “Ayat – Ayat Cinta The Movie

  1. infokito mengatakan:

    Untuk novelnya silahkan donlot di sini 🙂

  2. tAm mengatakan:

    kemaren, gw liat bennernya di 21.. keren!!!!!

    Jadi gak sabar pengen nonton! ka[pan sih keluarnya???

  3. fazzar mengatakan:

    fedy nuril,..ganteng c,..
    tapi kan kmrn dy bru aja maen di “about love”, jadi kayanya kurang ‘dapet’ ajah..

    maaf ya,..

  4. gomest mengatakan:

    Cepet kluar di padang dunk………..
    A2C adalah film yg paling gw tunggu2….
    seumur hidup mungkin……..
    pengen liat sosok idoal gw….
    Fahri……..

  5. izzana mengatakan:

    saat baca novelnya sih tersentuh banget,dan pernah ngebayangin kalo terjadi di alam nyata.bahkan pernah berandai2 kalo di film in gimana ya….

    tapi sekarang dah bener2 di film in jadinya aku mikirnya gimana gitcuuu deh…
    novelnya sih insya’
    alloh syar’i banget booo…bahkan terkesan sempurna,subhanallah..
    tapi kalo di filmin jadinya kurang asyik sih sebenarnya kalo ditinjau dari novelnya,karena yang berperan jelas2 bukan mahram..dan banyak ikhtilat…yang meranin pun ok sih gantengnya dan cantik2…tapi kan mengkhawatirkan makna islam yang sebenarnya jadi kacau…ini emang hanya menonjolkan sisi sastra islamnya atau dakwahnya…?
    kalo dakwah gak harus via film dong…apalagi yang meranin juga banyak yang masih minim dengan masalah hijab,main film dan berperan hanya tuntutan “PROFESIONALISME” sebagai tukang main film.
    Gimana kang Habiburrahman yang empunya karya ini…?misi anada dakwah bukan..?(dalam novelnya),tapi sebuah tanggung jawab besar pada Alloh SWT ketika novel anda di film kan dan diperankan oleh orang yang sebenarnya kurang tepat…

  6. muy mengatakan:

    duCh noVel’y z kRen mDh”an FiLm’y Bi5a Lbh KrEn Lg,Amien !!!
    ma’At TAuFik !!!!

  7. ratih mengatakan:

    keren banget niy novel…
    bikin nangis…
    menyentuh banget…
    jadi mengerti arti cinta yang sesungguhna…

  8. karima mengatakan:

    ehm..
    keren sie…
    cuma…klo mnrt ak pemain2 nya..hruz bner2 dia tuch mendalami islam bgt
    bkn skdear d film aze..
    pke jilbab..
    aslinya artis itu juga hruz pke jilbab kyk zaskia mecca…
    hehhe…yah biar dapet lahh..karakternya

  9. Hitam mengatakan:

    kalo gw sih ga setuju di film kan…gw pesimis,gw yakin banyak potongan cerita yg bakal hilang makna.aneh rasanya melihat mereka2 itu mencoba jadi tauladan buat kita.Tp sisi baiknya, tontonan seperti ini yg kita perlukan di tengah banyak film2 yg malah mempertontonkan sesuatu yg justru membuat kita malah jauh terpuruk kedalam dosa.Jujur gw bukan orang suci, tp setelah baca novelnya pandangan gw tetang hidup,cinta,agama berubah lebih baik.untuk kang habib, anda luar biasa!

    NB:
    abis nonton film ini coba tonton radit love “whatever”…

  10. IyRa mengatakan:

    jadi gak sabar nunggu filmnya. Novelnya aja udah menyentuh, apalagi filmnya. Ditambah lagi lagu apik yang dikarang teh Melly, Suaranya ROssa top banget deh. Baru liat trailernya aja udah ampir nangis.Cia yoo…..

  11. ita mengatakan:

    duh gw ska bgt ma tokoh fachri?????????????kpan ya xu pnya co kayak fachri???????????n film’y jg cpet tyang dunk d bdg!!!!!!!!!!1 gw dah gak sabar pengen ntn…….apa film’y keren kayak novel’y gk?????????al’y gw bca novel’y keren bgt pe gw terharu………………

  12. orin mengatakan:

    Ass,wah…wah…wah pokonya novelnya za dah keren abbieeeeeezzz….mudah2an di filmnya gak khilangan maknanya soalnya di novel bahasanya haluuuusss bgt sampe2 ku berkhayal ada gak yach seorang ikhwan kaya Fahri????????

  13. anca mengatakan:

    sy blum nonton filmx tp msh liat trailerx …keren abis setingx n sy rasa walw belum nonton agak lumayan baguslh…..sukses….

  14. lady mengatakan:

    aku jg br baca novelnya…… Subhanallah bagus bgt. thks dah mengingatkan dgn lembut dan menyemangati dgn kuat utk mewujudkan dalam hidup sehari-hari. AMien

  15. elisa mengatakan:

    he….he…….. novel ayat-ayat cinta is’t the best

  16. Siti mengatakan:

    Menurut ku film nya kurang bisa dikasih penilaian karena saya hanya baru tau judul dan novelnya aja, belum liat trailer nya……..heheheheheheheeh

  17. tiamarsya mengatakan:

    aq salut dengan karakyernya aisyah yang mau berbagi cintanya demi orang yang sangat dicintainya………

  18. herayati mengatakan:

    Aku sudah baca novelnya dah lama banget, bagussss buangettt dech.
    Ditunggu yang pemutarannya di Tasik… udah ga sabar nihhh.

  19. Pratama Co mengatakan:

    filmny sh dh gw tonton….ad bagian2 yg feel-nya g dpt tp ad jg bag2 yg bwt ni hati gerimis liatnye, palagi tu waktu si Maria tau Fahri udh nikah ma Aisha….alah….sakti coy. Secara keseluruhan gw ksh nilai 9,5 deh, kemajuan gede bwt film indonesia skaligus ngebuktiin Hanung is the best director!!!!

  20. beelaa mengatakan:

    ayat-ayat cinta. . . . .

    sangat bagus. . . .

    ini novel dan film yang sebenernya dibutuhin bangsa kita. . . .

    bukan film horor yang tambah gak genah gitu. . . .

    subhanallah. . . .

    saya benar-benar suka ayat-ayat cinta!

  21. een bangka mengatakan:

    ayat2 cinTa kerenZ jga, gw Bru lHAt Filmnya KmrN, eMg agAk telat sehh
    tp dripAda gAk nontoNz. rUGi berAtz PreNzzzz

    oh ya Mas, BloG mas Gak da aRtikeL pUisi ya?
    tHnks BefoRe

  22. Ade hikmawati mengatakan:

    Subhanallah…

    ayat ayat cinta,is the best…

    Novel dan filmnya sungguh luar biasa…

  23. m 13th mengatakan:

    bagus!
    aku uda nonton sejak lama bgt..
    buku ny jg uda baca..
    ehmm gag tau lg dah mau ngomong apa?!
    BAGUS!!

  24. sajaksufi mengatakan:

    VALENTINE’S DAY

    wajah-wajah ceria
    cahaya-cahaya lampu kota
    terang berbinar menyempurna
    hari kasih sayang nan bahagia

    angin yang tenang
    malam yang semakin kelam
    mengusir segala muram
    dan kelana dingin di senyap gelap

    adakah sesuatu yang dapat mengubah dunia
    selain saling mencinta sesama manusia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s